arsitektur

Saturday, January 13, 2018

PERAN ARSITEK DALAM MENANGGAPI RESIKO BENCANA DIPERKOTAAN



PERAN ARSITEK DALAM PERKOTAAN DAN PERMUKIMAN TANGGAP BENCANA
Oleh : Ardiansyah (150701015)
Aceh merupakan salah satu provinsi di indonesia yang bisa dikatakan paling lengkap mengalami bencana alam, hampir sebagian besar bencana alam sudah pernah terjadi di provinsi aceh, mulai dari banjir, longsor, gempa bumi, bahkan tsunami yang telah merenggut ribuan korban jiwa.
            Namun seperti halnya ditempat lain di indonesia bencana alam yang tertinggi di aceh adalah bencana banjir hampir setiap tahunnya disebagian wilayah aceh terendam banjir.
            Oleh karena itulah sebagai mahasiswa arsitektur saya akan sedikit beropini mengenai permasalahan bencana banjir serta upaya yang mestinya dilakukan untuk mengatasi masalah banjir di Aceh khususnya daerah Banda Aceh.
            Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya banjir, seperti :
a.       Meningkatnya jumlah penduduk sehingga banyak yang membangun bangunan sesuai keinginannya tanpa memperhatikan pengerasan tanah yang dilakukannya, padahal hal ini akan menghambat terserapnya air kedalam tanah
  1. Banyaknya drainase drainase yang tidak sesuai dengan standar, seperti ketinggiannya yang sama dengan permukaan jalan, dll
  2. Banyak dari para pembangun yang tidak menanam kembali tumbuhan, padahal untuk membangun suatu bangunan membutuhkan pepohonan yang tidak sedikit.
  3. Kurangnya kesadaran dari sebagian orang yang dengan tega membuang sampah di selokan, sungai yang menyebabkan tersumbatnya saluran air
         Desain drainase yang baik menjadi hal penting di suatu kawasan, namun untuk saat ini banyak drainase yang kita jumpai merupakan drainase konvensional yang mengalirkan air ke sungai-sungai, nah bagaimana jadinya bila air yang sehari hari kita gunakan semuanya kita alirkan ke sungai? Tentu lama kelamaan akan berdampak negatif bagi daerah tersebut, seperti kekeringan, pelumpuran, dan banjir.
        Sebenarnya bagi kita para penduduk pemukiman dan perkotaan seharusnya tidak boleh bergantung sepenuhnya atas kesediaan fasilitas yang diberikan, kita juga harus memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan, guna mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan dikedepannya.




Banyak cara bagi kita individu untuk membantu menyelamatkan kondisi tanah khususnya dikawasan tempat kita tinggal, berikut ini adalah beberapa cara dan upaya yang bisa kita terapkan untuk mencegah terjadinya bencana banjir.
1.      Sumur resapan
Penggunaan sumur resapan merupakan cara praktis yang dapat membantu meresapkan air dipermukaan tanah agar dapat lebih cepat meresap kedalam tanah, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya genangan dipermukaan tanah.
Berikut adalah ilustrasi pemanfaatan sumur resapan

       
2.      Water tank
Water tank atau penampungan air hujan dapat dimanfatkan untuk memenuhi kebutuhan air sehari hari,


3.      Lubang Biopori


No comments:

Post a Comment

PERAN ARSITEK DALAM MENANGGAPI RESIKO BENCANA DIPERKOTAAN

PERAN ARSITEK DALAM PERKOTAAN DAN PERMUKIMAN TANGGAP BENCANA Oleh : Ardiansyah (150701015) Aceh merupakan salah satu provinsi di...